Selasa, 06 September 2011

BERITA 4 AGUSTUS 2011

Ajari Anak Mengenal Dunia
Orang tua hendaknya memberi contoh yang baik agar anaknya juga ikut menjadi baik. Baik itu dalam pemikiran maupun perbuatan. Ya sikap dan sifat inilah yang harus dipupuk dengan benar sejak dini apabila ingin memanen hasil yang memuaskan saat anak sudah dewasa.
Sebagai orang tua, hendaknya kita memperhatikan pola pikir anak. Sebagaimana yang telah tim Saybun katakan tadi. Sifat dan sikap akan mempengaruhi pertumbuhan anak menuju ke jalan yang benar atau yang salah.
Ingatlah bahwa dunia anak adalah dunia bermain. Nah, dengan situasi dan kondisi seperti ini, hendaknya orang tua mampu memanfaatkannya. Kita bisa pupuk sikap saling menyayangi dan jangan lupa tambahkan pelajaran untuk selalu peka terhadap perasaan sekitar. Walaupun sebenarnya anak-anak sudah mampu mengaktifkan sendiri system sifat dan sikap yang benar sesuai norma yang berlaku.
Menurut salah satu mahasiswi jurusan konseling di IAIN, anak-anak akan cenderung lebih peka terhadap perasaan teman sebayanya atau pun sekitarnya. Ketika ia menyaksikan langsung temannya terjatuh, maka ia akan segera menolong. Bahkan mereka mampu menunjukkan rasa sayang yang luar biasa pada hewan peliharaan maupun benda kesayangan.
Sobat Sayang Bunda, hal ini tentu bisa kita ambil hikmahnya. Dengan memupuk sikap dan sifat yang baik sejak dini, ajari anak mengenal dunia yang luas ini dan ajari ia memilih apa yang terbaik untuk diri dan kehidupannya.(rw)


Bubur Susu Untuk Si Buah Hati
Hai sobat Sayang Bunda! Pada sesi kali ini, tim akan berbagi sedikit nih. Apa sih yang mau tim bagi? Yups, karena kita masih fokus berbicara mengenai ibu dan anak, maka di halaman serba-serbi ini tim Saybun pun berinisiatif untuk mencari resep makanan yang simple dan cocok untuk buah hati kita. Well, makanan apa sih yang harus sobat coba buat sesuai dengan petunjuk tim? Ini dia, check this out!
Cara Membuat Makanan Bayi/Anak (Bubur Susu)
Bahan :
• 2 sendok makan tepung beras (20 gram)
• 2 sendok teh gula pasir (10 gram)
• 1 sendok makan penuh susu tepung
Cara membuatnya :
• Tepung beras dan gula pasir dilarutkan dalam susu.
• Letakkan di atas api kecil, biarkan hingga masak sambil diaduk.
Nggak salah deh kalo sobat milih untuk memasaknya, karena bubur susu punya banyak manfaat yang sangat cocok jika diberikan kepada bayi kita. Diantaranya bisa menjadi asupan energi bagi si buah hati dan sumber nutrisi yang menyehatkan.
So, this is it! Setelah bubur susuk masak, sobat bisa langsung menghidangkannya untuk buah hati tercinta.(rw)



Serba-Serbi Kehamilan
Sobat Sayang Bunda selain bisa terinfeksi PMS atau HIV/AIDS, konsekuensi lain dari hubungan seks adalah kehamilan, bila hubungan seks tersebut dilakukan tanpa memakai alat kontrasepsi (kondom). Kalau kehamilan itu tidak dikehendaki, orang kemudian dihadapkan pada pilihan-pilihan yang harus diambil, yaitu melanjutkan kehamilan atau tidak. Masing-masing pilihan tersebut punya konsekuensi.
Nah, beberapa waktu yang lalu, tim kembali berkunjung ke Yayasan SIKOK, yang kantornya terletak di Jalan Dara Jingga belakang (samping kanan) Rumah Sakit Bratanata. Tim kembali diajak berdiskusi dengan mbak Mirna Novita Amir SH. Seputar kehamilan. Yuk kita simak apa saja yang kami bahas!
Berapa usia yang paling baik untuk hamil?
“Usia yang dianggap paling baik untuk mengandung adalah pada usia subur perempuan yaitu 20-35 tahun, kurang atau lebih dari itu akan menyebabkan resiko yang tinggi yaitu bisa saja pendarahan saat melahirkan atau harus melalui operasi Caesar disertai dengan kondisi bayi yang kurang baik dan beresiko mati,” jelas mbak Mirna.
Bagaimana proses terjadinya ngidam pada wanita dan apa dampaknya?
Selaku koordinator pengimplementasian kesehatan reproduksi di sekolah, ia kembali menambahkan, “Sebenarnya dalam kedokteran tidak ada istilah ngidam, yang ada hanya mual dan muntah yang merupakan gejala umum dalam kehamilan. Rasa mual yang terjadi (biasanya disebut morning sickness) bisa diatasi dengan diberi makanan ringan yang mudah dicerna. Jika muntah yang dialami berlebihan maka dokter dapat memberikan obat anti muntah.
Bolehkah berhubungan seks selama masa kehamilan?
“Selama kehamilan berjalan normal, boleh saja melakukan hubungan seks sampai akhir kehamilan (meskipun beberapa ahli berpendapat sebaiknya tidak lagi berhubungan seks pada 4 minggu terakhir kehamilan / pada usia 8 bulan kehamilan) karena ketika perempuan mengalami orgasme dan rahim berkontraksi dikhawatirkan bayi dapat lahir prematur. Nah, hubungan seks tidak diperbolehkan apabila terdapat pendarahan melalui vagina, jika sering mengalami keguguran, jika ketuban pecah, dan mulut rahim terbuka.”
Olahraga apa yang tepat untuk orang yang sedang hamil?
“Untuk perempuan yang sedang hamil disarankan agar tetap melakukan aktifitas ringan seperti menyapu, mengepel, jalan-jalan pagi dan berenang. Juga disarankan untuk tetap melakukan olahraga ringan guna melatih otot-otot pinggul, pinggang, dan perut agar nantinya memudahkan proses persalinan. Seorang perempuan hamil boleh melakukan aktifitasnya asalkan tidak menimbulkan rasa tidak enak pada dirinya,” terang mbak Mir, begitu panggilan akrabnya.
Adakah cara yang bisa kita gunakan untuk menentukan jenis kelamin anak sesuai dengan yang diinginkan?
“Ada hubungan antara asam atau tidaknya vagina saat melakukan hubungan seks dengan jenis kelamin anak yang dikandung. Perlu kita ketahui bahwa sperma laki-laki membawa kromosom x dan y sedangkan perempuan membawa kromosom x. Pada kondisi normal vagina bersifat asam. Pada kondisi asam, sperma yang membawa kromosom y sulit untuk bergerak sehingga kromosom x laki-laki yang lebih mudah bergerak akan terus berjalan menuju rahim dan bertemu dengan kromosom x perempuan sehingga janin yang dikandung kemungkinan besar adalah perempuan. Tetapi jika perempuan mengalami orgasme pada saat berhubungan seks maka dalam vagina akan terdapat banyak lendir sehingga vagina bersifat basa dan ini membuat sperma yang membawa kromosom x akan sulit bergerak sehingga kemungkinan besar kromosom y akan bertemu dengan x dan menjadi janin laki-laki. Namun hal ini tidak mutlak karena ada faktor lain yang mempengaruhi termasuk kuasa Tuhan,” kata emak, begitu juga teman-teman di Dance 4 Life biasa memanggilnya.
Bagaimana cara mengetahui apakah janin yang dikandung sehat atau cacat?
Terakhir, koordinator Dance 4 Life ini kembali angkat bicara, “Jika ingin mengetahui keadaan janin yang ada dalam kandungan, kita bisa memeriksakan kandungan ke dokter spesialis kandungan. Biasanya dokter akan melakukan USG dan kandungan akan dilihat melalui monitor dan bisa dicetak.”
Guys, itu dia serba-serbi kehamilan hasil pembahasan tim dengan mbak Mirna. Semoga setelah sobat membacanya mampu menghasilkan banyak manfaat.(rw)
*Dilengkapi dari buku Tanya Jawab Seputar Seksualitas Remaja, produksi Lentera Sahaja. PKBI DIY


Bagaimana Makan Yang Baik Selama Hamil?
Bagi sobat Sayang Bunda yang sedang hamil, sebaiknya cob abaca artikel satu ini. Artikel satu ini dibuat berdasarkan diskusi bersama salah satu Kader Posyandu bagian ibu hamil dan batita di Kota Jambi.
Ya, sobat Saybun yang sedang tidak dalam keadaan hamil pun juga boleh ikut membaca artikel ini. Hitung-hitung bisa melakukan persiapan yang baik sebelum memasuki masa kehamilan.
Setiap orang pasti membutuhkan makan. Baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Jika kita sebagai manusia biasa tidak makan, bisa saja kita akan menutup mata selama-lamanya. Nah, dalam mengkonsumsi sesuatu jangan lupa kita perhatikan efeknya. Jangan sampai apa yang kita makan hanya sekedar makanan sampah alias junk food. Tentu saja makanan tadi yang masuk ke dalam perut kita akan menjadi racun yang menyakitkan. Jadi kalo nggak mau membawa efek yang negatif bagi diri sendiri, sebaiknya kita perhatikan ya apa-apa saja yang baik untuk diri kita.
Begitu pula bagi ibu yang sedang hamil. Diusahakan ya supaya memakan makanan yang bergizi dan tidak membahayakan janin. Oh ya, bagi ibu hamil, tim punya 4 poin yang harus ibu hamil ingat dalam memilih makanan. Apa saja?
1. Makan makanan yang bergizi sesuai dengan anjuran petugas kesehatan.
2. Makan 1 piring lebih banyak dari sebelum hamil.
3. Untuk menambah tenaga, makanlah makanan selingan, pagi dan sore hari seperti kolak, bubur kacang hijau, kue-kue dan lain-lain.
4. Tidak ada pantangan makanan bagi ibu selama hamil.(rw)


6 Hal Penting Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Selain perlu mempertimbangkan pola makan dan makanan apa saja yang baik bagi ibu hamil, tolong jangan lupa untuk memperhatikan kesehatan mereka. Ya, paling nggak kita harus tau bagaimana cara menjaga ibu hamil agar tetap sehat. Supaya pengobatan berlanjut tidak perlu kita lakukan. Yuk, kita baca 6 hal penting untuk menjaga kesehatan ibu hamil.
1. Mandilah pakai sabun setiap hari, pagi dan sore. Gosok gigi dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur. Mandi teratur mencegah sakit kulit. Gosok gigi secara teratur mencegah sakit gigi dan gusi.
2. Istirahat berbaring sedikitnya 1 jam pada siang hari dan kurangi kerja berat.
3. Istirahat yang cukup akan memulihkan tenaga ibu.
4. Boleh melakukan hubungan suami istri. Tanyakan kepada bidan atau dokter tentang hubungan suami istri yang aman selama hamil.
5. Jangan merokok, memakai narkoba, minum jamu tertentu atau minum minuman keras. Minum obat sesuai petunjuk dokter atau bidan dan hindari asap rokok. Merokok, minuman keras, narkoba, jamu tertentu, dan obat-obatan bisa menganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan.
6. Di daerah yang penduduknya terkena malaria, sebaiknya ibu tidur menggunakan kelambu.(rw)

*Hasil diskusi bersama relawan Posyandu Kenali Jaya


SDN 205
Hari Pertama Beraktifitas Selama Bulan Puasa


Saat tim Sayang Bunda sedang melintas di Jalan Pattimura, dari Jalan Lingkar Barat hendak menuju ke arah gedung biru, Jambi Ekspres, tim Sayang Bunda melihat keramaian disekitar SDN 205 atau yang biasa kita sebut SD Tingkat. Penasaran apa yang terjadi di sana, tim pun langsung mampir.
Rabu, 3 Agustus 2011 merupakan hari pertama siswa/i SDN 205 ini mulai kembali beraktifitas setelah libur beberapa hari untuk menyambut puasa. Pagi ini tim melihat kelas atau local terisi penuh oleh murid-murid SD ini. Terlihat mereka tetap bersemangat meskipun belajar sambil berpuasa.
Ternyata kegiatan belajar mengajar dibagi menjadi 2 waktu. Ada yang masuk sekolah pada pagi hari dan ada pula yang masuk sekolah pada siang hari. Wah, kalo semua siswanya dikumpulkan menjadi satu, pasti banyak banget. Padahal saat tim berkunjung aja udah banyak. Waduh, mantep deh!
Pagi ini tim bertemu dengan beberapa anak kelas 4, 5, dan 6. Yang diantaranya berpendapat bahwa bulan lalu mereka masuk siang dan selama bulan puasa ini mereka gantian masuk pagi. Wah, adil deh pembagian kelasnya.
Saat lonceng pulang berbunyi, murid putra dan putrid bergegas pulang. Ada yang dijemput ada yang pulang sendiri bahkan ada juga tuh yang naik ojek. Ya, nggak apa-apa deh adik-adik sayang. Dengan apapun kalian pulang, jangan terlalu dipikirkan ya. Yang penting kalian bisa pulang.
Oh ya, karena ini adalah bulan puasa, maka semua jenis makanan alias jajanan anak-anak juga ikut puasa jualan. Hehe, ya itun-itung harus menghormati buat sobat kita yang berpuasa. Nggak apa-apa lagi deh! Tim yakin kok, siswa/i SDN 205 semuanya pada tahan laper dan siap menunggu waktu buka.(rw)

Tidak ada komentar: